SEKEDAR INFORMASI UNTUK ANDA

Selasa, 10 Maret 2009

BAGAIMANA MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BIJAKSANA

Makan berpantang bukannya hal yang baru lagi bagi kebanyakan orang yang kelebihan berat badan. Mereka sudah beberapa kali mencobanya. Ada yang menjadi gusar mendengar ejekan sahabat-sahabat mereka sehingga mereka tidak mau makan sama sekali selama waktu yang singkat, tetapi kembali pula pada kebiasaan makan berlebih-lebihan seperi semula.
Satu-satunya jalan untuk memecahkannya adalah cara hidup baru yang berbeda sama-sekali, seperti langkah-langkah berikut :


Batasi banyaknya makanan. Teruskanlah dengan makanan yang seimbang tetapi kurangi segala makanan yang mewah yang sangat anda sukai. Makanan seperti itu banyak mengandung kalori. Anda dapat hidup sehat tanpa itu. Tetapi jangan lupa masukkan cukup banyak kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari di dalam makanan anda. Jangan lupa untuk menghindari semua makanan yang mengandung lemak, seperti es krim, kue-kue yang mewah, dan segala macam gula-gula.

Berhati-hatilah dengan sisa makanan. Banyak ibu menambah berat badan mereka sebab mereka tidak suka melihat makanan di buang-buang. Jauh lebih baik mengurangi makanan yang di sediakan dan menghindarkan persoalan sisa makanan.

Hentikan makan di antara waktu makan. Latihlah untuk meniadakan makanan yang tidak perlu. Lambat-laun anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang di kurangi, dan anda akan heran melihat betapa sehat perasaan badan anda.

Gerak badan yang teratur. Geraklah badan yang teratur setiap hari, maka akan mengurangi kalori tambahan. Gerak badan yang terbaik adalah gerak jalan. Menggerakkan otot-otot tungkai yang besar itu akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak di perlukan.

Hindarkan makanan yang mewah. Segala gula-gula yang berlebihan mengandung banyak kalori tetapi kurang dalam nilai makanan. Kebiasaan yang terbaik adalah meninggalkan meja makan sementara anda masih lapar.

Ingat, makan dengan teratur penting sekali. Makanan harus dikurangi sedikit, disediakan baik-baik, dan diatur dengan menarik sekali di meja makan. Tidak ada alasan untuk menikmati makanan, meskipun sekarang makanan kurang dari biasanya. Lambat-laun anda akan belajar makan sedikit dan lebih menikmatinya.

Jangan tahan lapar lama-lama. Makan dengan teratur tetapi dengan ukuran adalah jalan yang terbaik untuk mengurangi berat badan.

Jangan lupa makan pagi. Hal ini akan menolong anda dalam pekerjaan sepanjang hari, dan anda akan terhindar dari pencobaan untuk makan gula-gula dan jajan di antara waktu makan.

Makanlah lebih banyak makanan ini, slada, sayur-sayuran hijau, tomat dan wortel. Semuanya mengandung sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral dan mempunyai nilai makanan yang baik. Makanan seperti ini dapat juga di gunakan untuk menghindarkan perasaan lapar di antara waktu makan, jika anda terpaksa makan sesuatu.



Selasa, 06 Januari 2009

DIET ENERGI TINGGI PROTEIN TINGGI

APAKAH DIET ENERGI TINGGI PROTEIN TINGGI ITU ?

Diet Energi Tinggi Protein Tinggi adalah Diet yang mengandung energi dan protein di atas kebutuhan normal. Diet di berikan dalam bentuk makanan biasa di tambah bahan makanan sumber potein tinggi seperti susu, telur, dan daging atau dalam bentuk minuman enteral energi tinggi protein tinggi.


TUJUAN DIET

1. Memenuhi kebutuhan energi dan protein yang meningkat untuk mencegah dan
mengurangi kerusakan jaringan tubuh.
2. menambah berat badan hingga mencapai berat badan normal.


APAKAH PERBEDAAN DIIT ETPT DENGAN MAKANAN BIASA ?

Energi tinggi
Protein tinggi
Lemak dan karbohidrat cukup
Vitamin dan mineral cukup
Makanan di berikan dalam bentuk mudah cerna


BAGAIMANA ATURAN DIIT INI ?

Untuk mempermudah penggunaan diit ini, makanan yang diperlukan untuk menambah konsumsi kalori dan protein yaitu di tambahkan pada makanan biasa berupa lauk sepert daging, ikan telur dan susu sesuai kebutuhan.


BAHAN MAKANAN APAKAH YANG DI ANJURKAN ?

Sumber hidrat arang : Nasi, roti, mie, macaroni dan hasil olah tepung-tepungan lain, seperti cake, pudding dan pastry dll, karbohidrat sederhana seperti gula pasir.
Sumber protein hewani : daging sapi, ayam, ikan, telur, susu dan hasil olahannya seperti keju, es krim dan toghurd.
Sumber protein nabati : semua jenis kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu dan pindakas.
Sayuran : semua jenis sayuran, teutama jenis B, seperti bayam, buncis daun singkong, kacang panjang, wortel direbus, dikukus dan ditumis.
Buah-buahan : semua jenis buah segar, buah kaleng, buah kering dan jus buah.
Minuman : soft drink, madu, sirup, teh dan kopi encer.
Lemak dan minyak : minyak goring, mentega, margarine santan encer, salad dressing.
Bumbu : bawang merah, bawang putih laos salam dan kecap.


BAHAN MAKANAN APAKAH YANG TIDAK DI ANJURKAN ?

Makanan yang terlalu manis dan terlalu gurih yang dapat mengurangi nafsu makan. Seperti : dodol, tarcis, lauk atau sayuran yang di masak dengan banyak minyak atau kelapa / santan kental.
Minuman rendah energi.
Bumbu yang tajam, seperti cabe dan merica.



UNTUK PENDERITA ANEMIA

Anemia adalah suatu keadaan di mana ada penurunan hemoglobin (pemberi warna merah dan pengangkut oksigen darah) per unit volume darah di bawah kadar yang sudah di tentukan untuk usia dan jenis kelamin tertentu.


Bagaimana mengelola diit ?
Makanlah makanan yang berprotein tinggi dengan penekanan pada zat-zat makanan lainnya yang membantu pembentukan sel-sel darah merah termasuk zat besi, vitamin C dan vitamin B-kompleks.
Ada dua jenis zat besi dalam makanan yang kita makan : heme dan non heme. Zat besi non heme tidak di serap oleh tubuh dengan baik sebagaimana zat besi heme. Akan tetapi, penyerapan zat besi non heme akan sangat di tingkatkan jika makanan yang kaya akan vitamin C termasuk dalam makanan.
Untuk mengelola diit selanjutnya sama seperti Diet Energi Tinggi Protein Tinggi.

Senin, 05 Januari 2009

APA SAJA YANG TERKANDUNG DI DALAM SUSU KEDELAI ?

APA SAJA YANG TERKANDUNG DI DALAM SUSU KEDELAI ?

A.Sumber protein / asam amino essensial terutama glisin dan arganin : mutu protein kedelai sama dengan protein hewan, yang fungsinya meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mencegah dan mengatasi anemia serta mempercepat regenerasi jaringan.

B.Sumber lemak essensial (lemak tak jenuh tunggal dan majemuk) : sangat penting bagi kesehatan seperti asam linoleat (omega3) :
1.Menurunkan lemak darah sehingga menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung koroner dan stroke.
2.Meningkatkan HDL (lemak bermanfaat).
3.Melancarkan peredaran darah.
4.Meningkatkan kinerja otak dan syaraf.
5.Mencegah gugurnya kandungan.
6.Sebagai bahan hormone dan jaringan otak.

C.Mengandung anti-oksidan kuat yang berfungsi sebagai perisai bagi sel.
1.Lecitin : Zat penjaga lemak darah agar tidak menggumpal.
2.Gesistein : Zat anti tua dan anti kanker payudara (Prof. Dr. Stephen Bares Univ. Of Alabama USA), kanker prostate (Dr. Herman A. Peneliti kedelai Finlandia).
3.Glicetin : zat anti kanker.
4.Daidzein : zat anti kanker
5.Bioflavoid : isoflavones
Mencegah dan menghambat kanker dan tumor.
Menetralkan racun dan radikal bebas (Dr. Denham, penemu radikal bebas)
Meningkatkan elastisitas pembuluh darah.
Menghambat proses laju tua sehingga akan memperpanjang rentang hidup dan awet muda.

D.Mengandung energi biokimiawi sangat besar
Vitamin B1 :
1.Sangat penting untuk system syaraf dan minat mental.
2.Sistem kardiovaskuler khususnya otot jantung dan otot pembuluh darah sehingga meningkatkan kelenturan otot tersebut di atas seperti pada waktu muda serta mencegah stroke dan penyakit jantung.
3.Metabolisme karbohidrat dan vitamin yang lain.
Vitamin B2, B6, B12, folacin, cholin dan inisitol, colin berfungsi sebagai neuro transmitter, mencegah mudah lupa, hilang ingatan (pikun) dan tremor (buyuten).

E.Mengandung mineral : seng, besi sulfur kalsium, magnesium, pospor chromium.
1.Mineral seng berfungsi untuk :
Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
Mempertahankan efektifitas libido.
Berperan dalam sintesa protein dan DNA.
Sebagai anti oksidan.
2.Mineral chromium berfungsi untuk :
Menurunkan kolesterol darah.
Menurunkan tekanan darah tinggi.
Mencegah stroke dan jantung koroner.
Mengatur hormone insulin.
Menurunkan dan menjaga kadar gula darah (Dr. David Jenkins Univ. Toronto USA).
Meningkatkan daya tahan tubuh.
Sebagai anti oksidan.
3.Mineral Magnesium berfungsi untuk :
Menurunkan tekanan darah tinggi.
Menjaga kelangsingan tubuh.
Menghilangkan kejang-kejang pada masa haid.
Ikut menstabilkan insulin.

F.Mengandung Phytoestrogen yang menguatkan tulang (Dr. Mark Missina Nasional Cancer Inst. USA) yang berfungsi menghambat osteoporosis atau keropos tulang.

G.Mengandung enzim inhibitor protease yang menghambat pertumbuhan kanker dan tumor (Dr. Ann R. Kennedy Univ. Of Pensyilvania School of Medicine).

H.Banyak lagi zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan seperti :
Fitrat, lignan, asam finolat dan triperpene sebagai zat-zat anti kanker.
Fitosterol
Sopanin