SEKEDAR INFORMASI UNTUK ANDA

Invest10Ribu
Invest10Ribu

Kamis, 01 Januari 2009

SUSU KEDELAI

MELONGOK KEHEBATAN SUSU KEDELAI

Hingga detik ini masyarakat cuma mengenal susu sapi. Dari susu murni, susu kaleng, hingga susu sapi bentuk bubuk. Pada hal di luar itu, banyak produk susu lain yang tidak kalah hebatnya dengan susu sapi, seperti susu kambing juga memiliki kelebihan. Contoh susu produk lain yang tidak kalah kualitasnya di banding susu sapi yaitu susu kedelai. Bagi mereka yang alergi susu sapi, susu kedelai merupakan alternative untuk di konsumsi.
Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Karena itu susu kedelai dapat di gunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu kedelai baik di konsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang – orang yang tidak punya atau kurang enzim laktosa dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.
Laktosa susu sapi yang lolos usus besar akan di cerna oleh jasad renik yang ada di sana. Akibatnya, orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan menderita diare tiap kali minum susu sapi.
Wawasan, tanggal 13 Juli 2001


MANFAAT SUSU KEDELAI

Berdasarkan penelitian dan berbagai sumber yang salah satunya dari “Buku Sehat dan Bugar dengan Kacang Kedelai” oleh Dr. Paul E, Matulessy, dkk. Susu jenis ini bisa di manfaatkan sebagai alternative untuk anak – anak yang sakit lactose intolerance (tidak tahan terhadap susu sapi akibatnya diare dan bisa menurunkan kadar kolesterol.
Kacang kedelai mengandung antara lain, vitamin A, B, B1, B2, Vitamin D, mineral hidrokarbon, zat besi, nicotinic acid, lecitin, lineloic, niacin, kalsium, sodium, pospor, asam asparat, asam glutamate, fatty acid dll.
Menurut Hembing, ketua umum Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur se-Indonesia susu kedelai selain menyehatkan juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker, lever, radang lambung kronis, Hipertensi, Anemia, Rematoid Artritis, Arteriosklerosis, mencegah kerusakan gigi, meningkatkan stamina, dll. Bahkan kedelai ini dapat di konsumsi oleh berbagai kalangan usia, dari anak - anak hingga orang tua lanjut usia.

Berikut ini perbandingan susu kedelai dan susu sapi :
Energi
Susu kedelai : 37 kalori
Susu sapi : 61 kalori
Protein
Susu kedelai : 4,10 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Lemak
Susu kedelai : 1,50 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Karboidrat
Susu kedelai : 3,10 gr
Susu sapi : 4,90 gr
Air
Susu kedelai : 87,50 gr
Susu sapi : 87,40 gr
Kalsium
Susu kedelai : 154,00 mgr
Susu sapi : 144,00 mgr
Natrium
Susu kedelai : 74,00 mgr
Susu sapi : 50,00 mgr
Phospor
Susu kedelai : 66,00 mgr
Susu sapi : 93,00 mgr
Besi
Susu kedelai : 1,30 mgr
Susu sapi : 1,70 mgr
Vitamin A
Susu kedelai : 217,00 IU
Susu sapi : 140,00 IU
Vitamin B1
Susu kedelai : 0,30 mgr
Susu sapi : 0,40 mgr
Vitamin B3
Susu kedelai : 1,10 mgr
Susu sapi : 0,10 mgr

Sumber : berbagai informasi dan media tentang kandungan gizi susu sapi dan susu kedelai.
Darma Wanita No. 120 Tahun 1999

1 komentar:

Daftar Tukar Blog